Lilypie 3rd Birthday Ticker Lilypie 1st Birthday Ticker Daisypath Next Aniversary Ticker

Tuesday, May 26, 2009

Giliran Rania

Begini deh rasanya jadi ibu 2 anak.
Minggu lalu baru si Dhika sembuh dari roseola, eh minggu ini giliran Rania yang demam pilek. Dari malam minggu, udah mulai demam. Gue ukur sempat sampe 39,2 derajat celcius. Langsung gue telanjangin dan kasih Tempra drop. Trus gue kompres air anget di dahi,lipatan ketiak dan lipatan paha. Masih belum turun juga, gue rendam air anget di bak mandi. Abis direndam, lumayan turun suhu badannya. Tuh anak sampe nangis2 gue kompres air anget, tapi gue biarin aza. Selama dia masih bisa nangis, tandanya ga dehidrasi. Lagian dia lgs keluarin keringat di seluruh badan dan kepala. Panas badannya jadi lebih cepat turun.

Hari Minggu Rania sempat panas sekali. Hari Senin sempat panas pas pagi2. Gue jadi cuti dadakan deh. Tapi seharian itu Rania ga demam. Eh pas malam mo bobo, malah demam lagi. Diukur suhunya 38.2 derajat. Semalaman dicek suhu badannya normal. Eh tadi pagi2 demam lagi. Papanya langsung ga tenang deh. Langsung suruh gue bawa ke dokter. Yo wis gue ikutin. Berhubung gue harus masuk kerja hari ini, dan Rania dititipkan ke rumah mertua, daripada mertua dan suami ga tenang karna gue males ke dokter, ya gue ikutin aza deh maunya mereka.

Untung gue dapat dokter yang RUD. TOP bgt deh dokter ini. Recommended buat moms lain. Namanya dr. Isabela Riandani, spA. Praktek tiap hari di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading. Tadi pagi gue ke RS jam 7. Sampe sana masih sepi bgt. Perawatnya aza masih beres2 ruang praktek. Untungnya tu dokter datangnya lumayan pagi, sekitar jam 8. Gue satu2nya pasien di situ ya langsung masuk deh begitu dokternya datang.

Setelah diperiksa, dokter bilang Rania cuma demam pilek biasa. Ga radang tenggorokan. Selama minum ASI masih banyak dan ga lemas, masih bisa diajakin bercanda, cuma perlu ditreat demamnya aza. Kalo pileknya sih udah mo sembuh, udah mulai kental2 gitu ingusnya. Jadi cuma diresepin NIPE. Itupun dikasih kalo Rania idungnya meler. Kalo ga, ya kasih tempra aza pas demam tinggi.

Senang dan lega banget gue dapat dokter anak yang ga dikit2 kasih AB berbungkus2 atau obat puyer berbungkus2. Akhirnya nemu juga dokter anak yang cucok. hehe

Tuesday, May 19, 2009

Yup, it's Roseola.

Ternyata bener Dhika kena roseola. Semalam gue cek ruam di badannya udah ilang. Lega deh ternyata bukan DBD. Gue udah parno aza takut kena DBD, takut gue terlambat ambil tindakan. Gara2 terlalu banyak baca email2 yang beredar nih. Yang cerita kalo gejala DBD udah susah dideteksi.

Emang susah mo jadi orang tua yg rasional ya. Orang tua yang ga dikit2 ke dokter. Trus anak dijejali macam2 obat. Bukannya gue anti ke dokter. Tapi kasian badan sekecil itu dijejali obat2an kimia. Sebenarnya sih kalo menyangkut anak sih, hati orang tua mana yang ga deg2an liat anaknya sakit. Pasti pengen anaknya cepat sembuh. ya kan moms and dad?

Tapi syukurlah belakangan ini gue udah lumayan berhasil jadi orangtua yang rasional. Contohnya :
1. Pas Dhika demam tinggi dan muncul ruam ini, gue lgs inget pernah baca ttg roseola. Gejalanya emang mirip. Walaupun hati tetep deg2an rada parno takut DBD juga. hehe Trus selama Dhika demam tinggi, gue juga berhasil tetap tenang dan kasih obat turun panas di rumah. Ga langsung bawa anak ke dokter begitu anak demam.

2. Waktu Rania baru 2 bulan pernah batuk2. Gue ga bawa ke dokter tapi gue terapin home treatment. Diuapin air panas isi minyak telon dan diolesin balsem bayi di dada,leher,pungggung,betis dan telapak kaki. Trus dipakein kaos kaki biar kakinya anget. Alhamdulilah, Rania sembuh dalam waktu seminggu.

3. Juga waktu Rania baru seminggu sempat kuning. Gue ga kasih puyer dari dokter. Tapi gue perbanyak asupan ASI dan dijemur (walaupun mendung mulu dulu itu).
Padahal puyer dari dokter udah gue beli. Harganya lumayan mahal. Biasalah, namanya juga orang tua berusaha rasional tapi hati deg2an. hehe

Ternyata punya banyak kenalan ibu2 di blog itu banyak manfaatnya. Gue pasang status di FB gue kalo sepertinya Dhika kena roseola. Eh dicomment sama Yulia-Mama Fang2 dan Memei kalo Memei baru abis kena roseola minggu lalu. Langsung deh gue sms tanya gejala2nya. Setelah tanya2, ternyata bener gejalanya mirip kok. Hati gue jadi tenang deh. Eh malamnya giliran si Yulia yang telpon gue tanyain obat Proris yang lewat dubur itu karena si Fang2 demam ga turun2 panasnya. Trus di kantor juga ada temen yang anaknya demam. Dia pun sibuk tanya2 gue. Gue sih berusaha sebisa mungkin kasih jawaban sesuai pengalaman gue dan dari ilmu yang gue dapat dari milis AFB, web sehat dan mayoclinic.

Monday, May 18, 2009

Dhika kena roseola?

Hari Kamis - Jumat lalu tgl 16-17 Mei 2009, Dhika demam. Suhu badannya naik turun. Obat turun panas syrup merk T**pra ga ngaruh sama sekali. Akhirnya gue kasih obat turun panas yang lewat dubur merk Pr***s baru turun demamnya.

Papa DhikaNia udah panik liat anaknya demam ga turun2 gitu. Dia takut kejadian kejang demam terulang lagi. Gue sih berusaha tenangin dia. Gue pantau terus suhu badan Dhika dengan termometer kuping. Kalo di atas 38 derajat celcius, lgs gue kasih obat turun panas. Panas tertinggi di suhu 38,7 derajat celcius. Untung ga sampe 39 derajat.

Hari Sabtu Dhika udah ga demam lagi. Tapi mulai muncul bintik2 merah di leher. Awalnya gue ga gitu ngeh, gue kirain cuma biang keringat biasa. Hari Minggu malam, gue liat bintik2 merahnya makin banyak di punggung dan dada. Gue langsung inget ini gejala2 Roseola.

Gue langsung tanya mbah Google gejala2 Roseola. Dari yang gue baca, emang gejalanya mirip dengan yang Dhika alami. Bintik2 merahnya akan hilang dalam waktu 2-3 hari. Kalo lewat dari 3 hari masih belum hilang, bisa konsultasi ke dokter. Jadi besok kalo bintik2 merah Dhika ga berkurang, gue mo bawa ke dokter.

Wednesday, May 13, 2009

Foto Dhika & Nia

Masih belum sempat posting nih. Jadi upload foto2 aza dulu ya. :)

Momen mesra kakak adek nih ^_^

Di usia 5 bulan Nia udah jago tengkurap, guling2 dan mulai ngesot ke depan.

Dhika dan Nia